15 April 2011

Fenomena Alexa, Pagerank dan SEO



Blogwalking adalah salah satu hobiku yang baru dalam kurun waktu beberapa bulan ini, dengan blogwalking aku bisa baca-baca artikel-artikel seru, artikel yang lucu-lucu, aneh, menarik, ataupun artikel yang mengharukan sampe bikin kita nangis-nangis dan bahkan yang bikin marah pun ada.

So, dalam beberapa bulan ini knowledge-ku nambah donk… jadi tambah yakin kalo internet tuh di jaman sekarang ini bener-bener berharga buat kita. Nah, selama beberapa bulan sampe hari ini aku menemukan beberapa fenomena yang lagi ngetop di blogger, terutama mereka yang merupakan blogger Indonesia :)


Alexa, Page Rank, SEO, Apa Itu?

Alexa yang satu ini bukan sebuah kata - kata, tapi Alexa adalah suatu situs yang menyediakan informasi mengenai trafik suatu website. Alexa punya indikator sendiri dalam peng-indeksannya. Alexa mengindeks semua situs yang ada di dunia maya dan memberinya ranking dari situs yang paling tertinggi trafiknya sampe yang terendah, jadi kalo diliat, semakin kecil Alexa Rank situs kita, maka semakin tinggi pulalah trafik situs kita

Sedangkan Page Rank adalah sebuah algoritma yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer, Page Rank (PR) sendiri merupakan fitur utama dari Google. Dalam pengindeksannya PR memiliki skala 1-10, dengan nilai 10 adalah yang tertinggi. Artinya kalo sebuah situs memiliki PR 7, maka situs itu jelas lebih populer daripada situs yang punya PR 4 seperti blog sayayang lain ( http://imamsyafiicute.blogspot.com )

Alexa dan Page Rank merupakan suatu indikator untuk mengetahui jumlah trafik suatu situs, jadi semakin baik jumlah rank yang terdapat pada Alexa dan Page Rank berarti semakin baik pula konten yang ada dalam situs tersebut. Untuk para webmaster dan sebagian blogger, mungkin ranking yang ada di Alexa dan Page Rank tidaklah begitu penting, tapi bagi orang-orang yang mengikuti program-program penghasil duit di dunia maya, keberadaan Alexa dan Page Rank sangat penting, karena semakin baik jumlah rankingnya maka semakin banyak juga pengunjung yang berpotensi untuk terbius oleh iklan yang disajikan, sehingga otosmastis berpengaruh juga terhadap penghasilan yang didapat.

Sedangkan SEO (Search Engine Optimization), untuk keterangannya silakan aja baca sendiri disini males ngetiknya ! :lol: Yang jelas, SEO adalah suatu cara yang ditempuh untuk meningkatkan ranking situs/blog kita di mesin pencari (Google, Yahoo!, dll.). Jadi jelas kan kalo antara Alexa, Page Rank dan SEO bisa saling dikaitkan. Tentu saja SEO ini sangat penting apabila blogmu ingin dikenal banyak orang.

mungkin sobar sudah paham pengertian diatas

Pendapatku Tentang Semua Hal di Atas

Sampe sekarang aja aku masih suka puyeng pas blogwalking, abisnya semakin banyak blog-blog yang membahas Alexa, Page Rank, SEO dan segala hal yang berkaitan dengannya seperti blog ini juga. Tiap kali nyari sesuatu di Google, pasti ujung-ujungnya nemu kata-kata Alexa, Page Rank dan SEO,

Yang saya pikirkan, banyak sekali blogger yang mengejar SEO dengan menghalalkan segala cara, apapun mereka lakukan demi mendapat SEO yang baik. Sebenernya hal itu sah-sah aja sih, mungkin karenaingin blog mereka berada di posisi teratas di google

aku nggak terlalu mikirin itu, maksudnya, aku nggak terlalu antusias sama hal-hal di atas ( sedikit sich ) tapi wajar khan klo blog cosarosta juga ingin di kenal banyak orang.

hehehehhehe........salam blogger

Tidak ada komentar: