13 Juli 2015

Bebeapa Penyebab Pegal Linu

Penyebab nyeri otot dan linu pada bagian kaki, tangan, pinggang, kepala, dan bagian tubuh lainnya dikarenakan otot kurang relaksasi dan terlalu tegang. Dampaknya pada tubuh pun bisa lebih parah. Seperti, tidak nafsu makan, tidak bergairah, atau terserang penyakit nyeri sendi lain yang lebih parah. pada artikel berikutnya akan di bahas mengenai Obat Nyeri Otot dan Obat Pegal Linu
Sering kita mengalami pegal dan nyeri otot, tapi tau kah Anda beberapa hal kecil saja dapat menyebabkan nyeri otot dan pegal linu pada sendi? berikut adalah penyebab sering nyeri otot dan pegal linu :

Duduk terlalu lama dalam perjalanan panjang atau terlalu lama di depan komputer, menyebabkan kaki dan pinggang terasa pegal dan nyeri. Penyebabnya pinggul terlalu lama menahan tubuh bagian atas dan kaki berada dalam posisi sama terlalu lama. Usahakan mengubah posisi duduk dengan menyandarkan tubuh, meluruskan kaki, atau sesekali berdiri dan berjalan untuk mengambil sesuatu.
Olahraga baik untuk meregangkan otot dan melumasi setiap sendi sehingga Anda bisa bergerak leluasa dan ringan. Sebaliknya, ketika Anda jarang dan tidak pernah berolahraga, jika di ibaratkan besi berkarat, tubuh mudah nyeri dan pegal. Namun, olahraga berlebihan juga tidak baik bagi tubuh, karena bisa menyebabkan otot “robek“.

Begadang bisa menyebabkan leher terasa tegang dan kaku. Usahakan tidur tidak terlalu malam dan istirahat yang cukup sebanyak delapan jam setiap harinya.

Artikel mengenai Obat Pegal Linu akan di bahas pada artikel selanjutnya

Tidur dengan posisi bantal sangat tinggi dan posisi yang salah bisa menyebabkan leher terasa pegal dan kaku karena aliran darah ke kepala tidak lancar. Biasanya bantal ortopedi bisa membantu mengurangi rasa pegal karena bentuknya tepat menyangga leher.

Terlalu lama berada di area berpendingin ruangan bisa memunculkan rasa lelah dan pegal. Karenanya sempatkan untuk ke luar sebentar dan berjemur ke tempat yang terkena sinar matahari.

Faktor cuaca seperti pergantian udara dari panas ke dingin yang dapat menyebabkan tulang ngilu saat cuaca dingin, atau sebaliknya dapat menyerang saraf-saraf di kepala sehingga menimbulkan sakit kepala sebelah atau di seluruh kepala.

Mengangkat sesuatu yang berat dengan waktu yang lama juga dapat menyebabkan nyeri otot tangan menjadi linu saat digerakan.

Ada juga beberapa kasus yang mengalami pegal-pegal linu disertai rasa sakit pada saat yang bersamaan, hal tersebut kemungkinan besar terjadi akibat faktor sebagai berikut :


  • Adanya penumpukan asam laktat di otot
  • Ketidakseimbangan mineral (kalsium, kalium, magnesium dan natrium) yang mengontrol antara kontraksi dan relaksasi
  • Pengobatan tertentu yang bersifat diuretik
  • Kurangnya fleksibilitas tubuh
  • Salah posisi tubuh saat mengangkat beban atau duduk yang mengganggu otot atau sendi di tubuh
  • Ada kemungkinan akibat dehidrasi
Nyeri di otot yang dipicu oleh kelelahan dipercaya akibat kerusakan mikroskopis di dalam otot (microscopic tears) yang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari.
Olahraga teratur dan istirahat yang cukup agar sangat efekstif untuk menghilangkan rasa nyeri otot dan linu pada tubuh, serta konsumsi suplemen tulang dan sendi agar tubuh selalu fit dan tidak mudah terserang penyakit nyeri sendi, nyeri otot dan pegal linu.
Dibawah ini ada beberapa produk yang mungkin akan bermanfaat bagi anda :
Anda sedang berada di artikel Apa Saja Penyebab Pegal Linu dan Otot, share jika artikel ini bermanfaat untuk anda, dengan menyertakan link sumber.

1 komentar:

Wong Crewchild mengatakan...

pegal linu kadang tiba2 aja terasa, entah apa penyebabnya

jadi paham sekarang, makasih mas